logo badil

 

 

 

 

 

     Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta ataupun seluruh Aparatur Pengadilan Tinggi DKI Jakarta; Ketua Pengadilan Tinggi, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi, Hakim Tinggi, Panitera serta Sekretaris beserta seluruh Jajaran Aparatur Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Tidak akan pernah meminta imbalan ataupun melakukan pungutan liar kepada para pencari keadilan.

Upacara Peringatan HUT Mahkamah Agung Republik Indonesia ke 78

Pada hari ini Sabtu (19/8) Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung yang ke-78. Upacara diselenggarakan di halaman Kantor Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

 

Upacara dimulai tepat pukul 7.30 WIB tersebut diikuti oleh seluruh jajaran Hakim Tinggi, Hakim Yustisial dan Hakim ad Hoc Tipikor, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Seluruh Pelaskana, PPNPN, Dharmayukti Karini serta para Undangan Purnabakti.

HUT MARI 1

 

Dalam amanatnya Wakil Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta selaku Pembina upacara membacakan pidato dari Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia. Bersamaan dengan peringatan hari ulang tahun ke-78 ini, pada tanggal 18 Agustus 2023 kemarin, Mahkamah Agung telah meluncurkan 5 aplikasi baru yaitu:

1. Smart Majelis, yaitu aplikasi robotika berbasis kecerdasan buatan untuk memilih majelis hakim secara otomatis;
2. Court Live Streaming, yaitu aplikasi yang memungkinkan masyarakat untuk menyaksikan jalannya pembacaan amar putusan Kasasi/PK di Mahkamah Agung secara langsung;
3. Satu Jari Ditjen Badilum, yaitu aplikasi pada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum untuk melakukan pemantauan kinerja pengadilan di seluruh Indonesia secara terintegrasi;
4. Lentera versi 2.0, yaitu aplikasi yang berfungsi untuk mengelola proses promosi dan mutasi hakim di lingkungan peradilan umum;
5. E- IPLANS, yaitu aplikasi untuk melakukan perencanaan anggaran, pengelolaan hibah dan pengelolaan organisasi secara berjenjang dari satuan kerja tingkat pertama, hingga di Mahkamah Agung.

 

Lima aplikasi tersebut melengkapi dari sekian banyak aplikasi yang telah kita luncurkan sebelumnya sebagai penunjang kemudahan bagi pelaksanaan tugas aparatur dalam memberikan pelayanan yang transparan dan akuntabel. Selain itu, selama tahun 2023, Mahkamah Agung juga telah menerbitkan berbagai kebijakan untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang adminitrasi dan teknis perkara.

 

Selesai upacara, acara dilanjutkan dengan doa bersama dan pemotongan tumpeng sebagai wujud rasa syukur di Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke-78 ini disertai dilanjutkan dengan pemberian reward atas lomba kinerja pengadilan terbaik berdasarkan Nilai EIS dan jumlah perkara melalui eCourt, kinerja hakim tinggi terbaik, kinerja panitera pengganti terbaik, kinerja pelaksana terbaik dan kinerja PPNPN terbaik.

HUT MARI 2

 

Selain lomba atas kinerja, untuk keberlangsungan penerapan budaya 5R, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta juga menyelenggarakan lomba penerapan 5R dengan 5 (lima) pemenang pada 5 (lima) ruangan terbaik, acara dilanjutkan dengan acara ramah Tamah dan ditutup dengan foto bersama.(SDA)

HUT MARI 3