logo badil

 

 

 

 

 

     Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta ataupun seluruh Aparatur Pengadilan Tinggi DKI Jakarta; Ketua Pengadilan Tinggi, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi, Hakim Tinggi, Panitera serta Sekretaris beserta seluruh Jajaran Aparatur Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Tidak akan pernah meminta imbalan ataupun melakukan pungutan liar kepada para pencari keadilan.

Wujudkan Pengadilan Inklusif Ramah Disabilitas, Ini yang dilakukan oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta

RAMAH DISABILITAS1

Jakarta (10 November 2022) – Pengadilan Tinggi DKI Jakarta terus mendorong terciptanya Jakarta (10 November 2022) – Pengadilan Tinggi DKI Jakarta terus mendorong terciptanya pengadilan yang ramah bagi penyandang disabilitas ataupun kaum rentan.

Sesuai dengan komitmen global Sustainable Development Goals (SDGs), yang ingin Sesuai dengan komitmen global Sustainable Development Goals (SDGs), yang inginmemastikan tidak ada satupun kelompok yang tertinggal (no one left behind) termasuk dalamproses peradilan di Indonesia. Bentuk komitmen tersebut ditunjukan dengan telah ditetapkannnya UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, empat tahunsetelahnya, pemerintah menerbitkan PP Nomor 39 Tahun 2020 tentang Akomodasi yangLayak bagi Penyandang Disabilitas dalam Proses Peradilan, sementara itu di MahkamahAgung juga telah menetapkan SK Dirjen Badilum Nomor 1692 Tahun 2020 tentang PedomanPelaksanaan Pelayanan bagi Penyandang Disabilitas di Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri.

Dalam hal memenuhi hak-hak penyandang disabilitas, Indonesia dihadapkan pada berbagai Dalam hal memenuhi hak-hak penyandang disabilitas, Indonesia dihadapkan pada berbagaitantangan dan hambatan. Presiden Indonesia, Jokowi saat menghadiri acara LaporanTahunan Mahkamah Agung tahun 2021 secara virtual pada Selasa, 22 Februari 2022 laluberharap agar Mahkamah Agung tetap konsisten dalam memperkuat akses keadilan bagikelompok rentan, yaitu perempuan, anak, dan penyandang disabilitas melalui penguatanperaturan layanan dan akses disabilitas di setiap lini pengadilan.

Seiring itu, penyediaan akomodasi yang layak dalam proses peradilan bagi penyandang Seiring itu, penyediaan akomodasi yang layak dalam proses peradilan bagi penyandangdisabilitas ataupun masyarakat rentan di Pengadilan ;Tinggi DKI Jakarta secara umum sudahmemiliki fasilitas ramah disabilitas yang diindikasikan dengan bidang miring pada koridor,handrail atau pegangan tangan untuk membantu mobilitas, hingga kondisi jalan yang dibuatkasar agak tidak terpeleset. Standar akomodasi yang layak di peradilan untuk penyandangdisabilitas di PT DKI Jakarta ini telah sesuai dengan PP 39/2020.

Sebagai wujud nyata dalam pemenuhan AkomodasiSebagai wujud nyata dalam pemenuhan Akomodasiyang Layak bagi Penyandang Disabilitas dalam ProsesPeradilan, saat ini Pengadilan Tinggi DKI Jakarta telahmelaksanakan upaya melalui,

 


 

 

 

 

Pertama,Optimalisasi Loket Prioritas.

 

Mekanisme pelayanan prioritas di Pengadilan Tinggi DKIJakarta telah didukung dengan adanya Loket Prioritas.Bentuk pengoptimalan pada Loket Prioritas yaitu telah adanya Buku Standar Pelayanan dalam bentuk braille,kartu prioritas sebagai bentuk pengecualiaan antrianuntuk masyarakat rentan, dan QR Code yang bisalangsung dipindai oleh pengguna layanan untukterhubung kepada sistem berbasis aplikasi pelayanan.


 

Kedua, Sistem Informasi Masyarakat Rentan (Si-Mantan).

WhatsApp Image 2022 11 14 at 191128

Melalui sistem berbasis aplikasi ini, masyarakat rentandapat melakukan pendaftaran online pelayanan PTSP,memperoleh informasi alur pelayanan (secara tulisan,suara dan video bahasa isyarat), dan mengajukanpengaduan serta penilaian survey harian atas pelayananyang didapatkan. Selain memberikan kemudahan bagipengguna layanan, sistem ini mempermudah internalPengadilan Tinggi DKI Jakarta dalam mengkaji mengenaiperbaikan akses kebutuhan serta menghimpun harapan,saran dan gagasan dari penyandang disabilitas tentunyauntuk mewujudkan pelayanan prima.


Ketiga, Pendayagunaan Media Sosial (Whatsapp AutoResponer)

WhatsApp Image 2022 11 14 at 1911281

Pendayagunaan Media Sosial (Whatsapp AutoResponder).Kemudahan akses informasi, khususnya bagi kelompokrentan perlu mendapatkan prioritas dalam halpenyediaannya. Pengadilan Tinggi DKI Jakarta telahmenyediakan sarana akses informasi yang dapat diakses secara mandiri, sehingga berguna bagi kelompok rentanyang ingin mencari informasi tanpa harus datang secaralangsung. Kini, pengguna cukup menghubungi hotlinewhatsapp Pengadilan Tinggi DKI Jakarta di nomor 0812-8698-2789 kapanpun dan dimanapun yang tentunyaakan memudahkan kelompok rentan dalam mencari informasi terkait layanan yangdisediakan oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.


RAMAH DISABILITAS5

Tahun 2022 ini, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta juga telah bekerjasama dengan Yayasan SentraTahun 2022 ini, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta juga telah bekerjasama dengan Yayasan SentraAdvokasi Perempuan Difabel dan Anak (Yayasan SAPDA) dalam hal kerjasama bidangpenyediaan layanan bagi penyandang disabilitas berupa pendampingan, pelatihan, serta jurubahasa isyarat.

Pada akhirnya, upaya optimalisasi akses layanan publik merupakan aksi nyata PengadilanPada akhirnya, upaya optimalisasi akses layanan publik merupakan aksi nyata PengadilanTinggi DKI Jakarta bersama dengan stakeholders untuk mewujudkan pengadilan inklusiframah disabilitas.